Selasa, 06 Desember 2011

Radio, internet dan kompetitor

 Baru aja aku dikirimin ini sama Om Herru Soleh, sungguh kepala langsung senut-senut (padahal udah ga di radio). Dari data disamping "memaksa" radio untuk lebih proaktif merangkul temen-temennya.  Sungguh ga bisa diem aja. Intinya kalo udah ngerasa nyaman.. CILAKA!

Hal-hal yang bikin kita ngerasa nyaman adalah ada di kantor yang gajinya tetep dibayar bahkan ketika pemasukan minus, fasillitas juga jawara bahkan ketika grafiknya turun. Tapi apa perah siap untuk tersentak ketika mata dibuka lebar dan.. " Hey.. There's a new world comin at ya "

Radio harus berevolusi... Dengernya ekstrim bener ye.. Mungkin bisa diganti dengan radio harus bersinergi dengan "adik-adiknya". Soscial media harus dimanfaatkan benar untuk bergerak, bukan cuma buat request lagu dan kirim salam. Tapi, LEBIH DARI ITU! Om Denny Sompie bilang, bahkan statuspun bisa dijual. Manteb ya...

Belom lagi rebutan kue iklan yang potongannya makin kecil aja. Banyak kompetitornya soalnya...Ayo cek satu-satu kalo ga percaya. ( TV, koran sama Majalah ga termasuk ya ;))


1. Billboard
Yang ini udah sering kita liat di jalan-jalan. fokusnya jelas tempat yang strategis. Kalo dilliat memang menguntuungkan ya, hitung aja berapa orang yang lewat itu jalan. Secara sadar atau tidak mereka "diracuni" iklan ini. Merubah mindset dalam dua dimensi dan tidak bergerak. Masa ini? jelas jadi pilihan perusahaan yang lagi promo atau cuma sekedar maintain brandnya.
 So... I  called it worthy



2. Kendaraan

Buat sebagian orang pastinya paling males kalo kendaraannya dipasangi atribut yang reko-reko (baca :macem-macem ). Tapi buat yang ga punya pilihan (mobil kantor maksudnya) pasti bakal fine-fine aja. Iklan di Mobil dan bis jelas ngirit coba deh.. paling bayar  buat ngecatnya aja dan itu kendaraan muter-muter fullbranding. Motifnya juga llucu-lucu. Seneng deh yang punya bus atau mobil atau bahkan motor.. dibranding juga bisa. Sebagai pengguna jalan, jujur saya juga merasa senang liat ikllan di kendaraan, kadang bisa ngilangin capek juga. kan pegel liat macet atau bete gara-gara apa gitu.. sekejap illang karena iklan yang bertebaran ini.

3. Handphone


Bukan Hpnya, tapi sms yang masuk ke kita. Itu bentuk ikllan juga kan? pernah nerima ? Pasti sering banget deh, bahkan mungkin sampe sebel hehhehe. Tapi ya itu dia yang ini juga bermanfaat lo. Tapi buat Radio, ini juga kompetitor. Ini baru tiga, tapi kepala udah senut-senut kalo mikir iklan yang udah punya  kompetitor nyata dari tiga benda ini.









4. Website



Yang suka ada di pinggir, pojok kanan atau kiri, bawah atau kanan, kadang di tengah atau yang suka bikin sebel.. Yang POPUP, tiba-tiba gitu nongol. Sebelkan? Padahal kadang ga perllu juga lo, tapi jadi menarik ketika mereka juga bikin kuis disitu. jadi lagi ladang rejeki. Aku? hohoho ya pasti ikut lah...:)







Sebenernya banyak.. Ada Social media, dinding di mall yang dijual, ikllan di bioskop sebelum film diputer, sampe iklan terselubung. Kok bisa? ya iya dong contohnya iklan ini ni



Ada yang ngerasa salah ga? Yes people... Ada urusan apa blackberry disitu? Sama sekali ga ada hubungannya sama deodoran. Masih banyak iklan terselubung ini. For those who doesnt believe it.. You can google it as much as you want. :)

Sudahkah radio bersiap dengan ini? Apakah bisa bertarung dan bukan cuma bertahan? Sukses buat kita semua.. Semoga maraknya kompetisi disikapi sebagai tantangan dan bukan HAMBATAN.

Tidak ada komentar: