Selasa, 04 Maret 2014

Ada masalah dengan orang single ?

Jogja – Tidak ada yang salah dengan menjadi orang single. Tapi, kenapa masih ada saja yang bertanya “kapan menikah?”. Seakan menjadi single itu adalah keputusan yang salah. Apalagi kalau perempuan itu sudah bekerja dan mandiri, pertanyaan itu muncul seperti virus yang sengaja dibuat untuk menghancurkan harga diri.  Apa perlakuan ini hanya dilakukan oleh mereka yang sudah menikah? Atau hanya orang yang lebih tua (saja)? Ouw tidak….. Aku punya contohnya.

Enam tahun yang lalu bukan masa yang asik buatku. Seorang kenalan perempuan, usianya paruh baya. Setiap kali bertemu denganku, dia akan bertanya “ Jadi kapan ni nikahnya? “ atau  “ Cieh, dah pake cincin ni, jadi kapan? “. Padahal dia sendiri masih single. Oh iya, definisi aku tentang single adalah mereka yang adalah belom menikah. Pacaran? Masuk dalam hitungan single! Balik lagi ke cerita tadi, setiap bertemu dia aku hanya senyum. Saat itu, aku pikir tidak ada gunanya menjawab pertanyaan orang yang memang belum dan bukan apa-apa buatku.Sekarang dia kemana? Setahuku dia masih single.

Lalu ada lagi, seorang sahabat perempuan. Menikah lebih dulu dan sering bertanya kapan menikah. Pertama aku pikir ini adalah bentuk perhatian. Lama-lama aku melihat ada yang tidak sehat. Pertanyaan itu sering diutarakan didepan orang banyak. Perempuan seharusnya saling mendukung, bukan menjatuhkan. Selalu saja aku malas menjawab. Buat apa? Hematku. Sekarang?

Pengalaman menarik justru muncul dari seorang kawan lama. Dua belas tahun sudah kami tidak bertemu. Dia hanya bertanya “ Apa sudah menikah? “. Dengan senang hati aku menjawab “belum”. Lalu dia mendakan semoga aku segera mendapatkan apa yang aku cari dan secepatnya mendapatkan pendamping yang bisa membuat hidupku sempurna. Ini nih…. Begini ini tindakan seorang sahabat sejati. Dia tidak mengeluarkan pernyataan yang menyakitkan. Dia mendukung, memberi support penuh dan menjadi sandaran tepat sahabatnya.

Lalu apa yang aku lakukan kalau ada saudara, kenalan atau sahabat yang single?  Aku bertanya (jika memungkinkan) lalu meyakinkan dia… “ Awesome people gonna find each others in a certain amount of time  and become awesome couple “


Tidak ada komentar: