Jumat, 18 Mei 2012

Balada training penyiar #1

Samarinda - Biarlah tulisan ini dimulai dengan warna hiijau. Supaya hati lebih tenang dan bijak melihatnya. Kali ini aku ingin bercerita tentang permintaan atasan aku untuk membentuk penyiar baru. Sejujurnya ini bukan kali pertama aku lakukan, bisa jadi ini kali ke lupa, yang jelas lebih dari sepuluh.


Setiap kali "menangani" penyiar baru aku selalu membedakan mereka menjadi dua jenis, mereka yang sudah pernah siaran dan mereka yang belum pernah sama sekali. Biasanya yang sudah pernah mempunyai kemampuan komunikasi dan respon cepat dibanding yang belum. Seperti aku bilang biasanya, artinya ada juga kondisi yang luar biasa. Waktu emang ga pernah bisa bohong, karakter seseorang terbentuk dari situ. 


Aku menemukan bahwa mereka yang pernah tinggal di lebih dari satu kota semasa hidupnya mempunyai kemampuan beradaptasi lebih baik dari pada yang dari lahir sampe besar hanya di tempat yang sama. Pengalaman pribadi? YA! Aku sendiri lahir dan hidup di beberapa kota, lahir di jogja, besar di Balikpapan, Jakarta, Surabaya, Jogja (lagi), Balikpapan (lagi), Bontang, Tenggarong dan sekarang di samarinda. Walau memang kita ga bisa generalisir mereka yang pindah-pindah lebih baik dari yang ga.


Well, kali ini aku menangani penyiar yang  baru bergabung dengan radio aku di Samarinda. Dia ini unik, suaranya persis seperti yang aku mau, lantang, tegas dan centil disaat yang sama. Berkali-kali dia minta maaf karena banyak membuat kesalahan. Buat aku itu biasa, karena sebel dengan permintaan maafnya yang berulang itu aku langsung bilang. Bahwa yang diajarkan di radionya yang lama bukan semuanya salah, tapi itu adalah style yang mereka punya. AKu juga menjelaskan bahwa bukan berarti yang aku bilang adalah benar semua hanya saja ini format versi aku yang aku nilai terbaik untuk radio ini. Sama sekali bukan salah siapa-siapa karena ini soal taste. 


Sama seperti ucapan sakti seorang sahabat tercinta ABE MAXXI yang bilang " Berapa lama dan banyakpun radio yang pernah kamu innjak, jika kamu baru masuk dengan station radio baru maka kamu adalah orang baru. " (nink)

Tidak ada komentar: