Selasa, 22 Mei 2012

Forgiveness goodbye?


Samarinda – Lama juga ga cerita tentang isi hati, dan kali ini mari kita mulai ^-^. Kemarahan hari ini mencuat ketika pagi tadi aku melihat wall facebook salah satu sahabatku. Disana tertulis “ Terimakasih atas kebersamaan selama ini bersama kalian bla bla bla bla keluarga kecilku etc “. Disana ditag  beberapa orang. Permintaan maaf dan prosesi pamitan dari seseorang yang memutuskan untuk berhenti bekerja. Rasanya wajar bukan? Lalu kenapa juga mesti dibahas?

Berapa kali kita melakukannya? Pasti pernah dong ya? Terlebih mereka yang beberapa kali berganti pekerjaan, in life people do come and go. Cuma berapa banyak kita melakukannya yang bukan hanya formalitas? Hmmm Saya pernah melakukan keduanya, meminta maaf dengan tulus, formalitas dan tidak keduanya. *Ooppsss itu tiga dong ya hehhehe

Waktu keluar dari radio pertama, saya tidak melakukannya. Saya belum tau pentingnya permintaan maaf dan salam perpisahan itu. Karena saya pikir I’ve done my job pretty damn good! Sampai akhirnya saya dikhianati. Orang yang tadinya mendukung keputusan saya malah membicarakan saya, memandang sebelah mata dan saya dibilang kacang lupa kulit. Woowww padahal saya sudah memberikan banyak hal untuk pekerjaan saya itu. I’ve busted my ass back then. Sekarang saya bersyukur karena tidak melakukan forgiveness goodbye.

Lain cerita dengan perusahaan kedua, saya bekerja disana tiga tahun lebih. Saya merasa menjadi bagian dari keluarga, berantem kecil wajarlah namanya juga keluarga. Namun saya sadar sudah waktunya keluar dari comfort zone, beranjak ke tempat lain. Saya membuat pesan singkat berantai sebagai ucapan permintaan maaf. Ajaib, separuh dari tim saya menjawab. Selebihnya? Entahlah, yang jelas no response at all.  Lalu saya sadar, kalau mungkin saja dalam tim itu banyak yang tidak menyukai saya. Hati memang tidak bisa bohong, kali ini saya akui… Dalam permintaan maaf itu, beberapa diantaranya adalah formalitas. Alasannya mudah, dari pada esok hari ada salah satu orang yang memulai pembicaraan tentang sms permintaan maaf saya, lalu ada yang berkecil hati karena ndak dikirimi sama sekali. Kan kasian, nanti merasa disingkirkan atau diasingkan lah minimal. Kalau boleh diberi nama, maka akan dibilang permintaan maaf maintain reputasi (panjang bener yak?).

Karena sering berganti tim, saya jadi paham dan akhirnya sering melakukannya. Entah karena formalitas, tulus atau bahkan iseng sekalipun rasanya meminta maaf adalah bentuk dari kebesaran jiwa atas segala bentuk kesalahan yang pernah dibuat. Jadi…. Adil dong ya? (nink)

                                                                                                                                                                                                  

Tidak ada komentar: