Rabu, 11 Februari 2009

Pendekatan personal hingga souvenir di sosialisasi pemilih pemula

Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Bontang melakukan sosialisasi untuk pemilih pemula 10 – 11 feb 2009 di auditorium pemerintahan kota bontang. Dua Puluh sekolah menengah atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah tinggi di Bontang Mengikuti kegiatan ini.

Nursuyata Haslinda Ketua Kelompok Kerja KPU Bontang mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan pemilih pemula tentang tatacara pemilihan nantinya.

Berbeda dengan sosialisasi yang lainnya, pendekatan personal menjadi kunci utama mengingat usia para peserta yang tergolong muda. Menggunakan metode 40% teori dan 60% praktek diharapkan memudahkan pemahaman pemilih pemula.

Sebelum acara berlangsung para peserta harus mengisi kuestioner yang diberikan oleh panitia. Mereka tampak tegang mengisi lembar jawaban itu, tapi keheningan mendadak pecah ketika Adief Mulyadi, Ketua KPU Bontang berseloroh “ Jangan sampai bener semua ya. Kalau kalian bener semua saya lebih baik pulang aja”. Kontan saja peserta tawa merebak di ruangan.

Menariknya, ada souvenir yang diberikan oleh KPU untuk peserta yang berhasil menjawab pertanyaan atau bagi mereka yang bersedia menjadi “korban” simulasi pencontrengan.(herning/bontang)

Tidak ada komentar: